INFRA
STRUKTUR UGAL – UGALAN.
Untuk mencegah
NKRI terjebak berkali – kali dalam lobang yang sama.
Kasus yang
mungkin perlu menjadi perhatian dan perdebatan Civitas Academica.
.
NKRI
adalah negara hukum.
NKRI
bukan Negara Kerajaan Republik Indonesia.
UUD 1945
memerintahkan pemerintahan NKRI dibentuk untuk kepentingan bangsa Indonesia dan
kepentingan NKRI.
.
Artinya
regulasi, hutang, investasi, infra struktur, penggunaan uang negara harus
berdasarkan kepentingan bangsa Indonesia dan kepentingan NKRI.
.
Amerika
menggunakan istilah “kepentingan nasional” untuk kepentingan bangsa dan negara.
Perdebatan
yang tidak pernah selesai antara partai Demokrat dan partai Republik adalah
perdebatan tentang “kepentingan nasional”
Seorang
politisi Amerika pasti akan dianggap sebagai penghianat bangsa jika berani
berbicara untuk kepentingan tenaga kerja Cina di Amerika.
Amerika
untuk Amerika.
Cina
untuk Cina.
.
Kasus
harus dilihat satu per satu.
Dalam
ilmu manajemen tidak dikenal istilah “kasus ditutup”
Kasus
yang baik dan yang buruk dijadikan bahan perdebatan untuk memperluas wawasan.
Bangsa Indonesia
harus belajar dari kasus yang pernah terjadi.
.
Asumsi
direktur keuangan MRT 1 April 2019.
Biaya
investasi infra struktur untuk satu jalur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI rp 16 trilyun.
Tarif rp 10.000,- target 65.000
penumpang/hari.
Kerugian rp 572 milyar per tahun dibebankan
apbd DKI.
Tarif dibawah rp 10.000,- atau target tidak
tercapai kerugian lebih besar.
Asumsi diatas menunjukkan bahwa keputusan
membangun MRT dibuat dengan melanggar PRINSIP KEHATI – HATIAN DALAM MENGELOLA
UANG NEGARA.
.
Jika kereta api MRT 100% buatan
Indonesia,semen, besi, tenaga kerja dan perusahaan lokal.
Untuk akal sehat proyek MRT tetap tidak
layak.
Proyek MRT jika dijual laku seharga besi
tua.
SIAPAPUN TIDAK PERCAYA UANGNYA AMAN DAN PASTI
MENOLAK UANGNYA DIPAKAI UNTUK PROYEK INFRA STRUKTUR SEPERTI INI.
.
Bandingkan dengan busway.
Jika harga satu unit bus untuk busway satu
milyar rupiah, uang sebesar rp 572 milyar bisa membeli 572 unit busway yang
bisa dipakai selama sekian tahun untuk menambah kapasitas dan frekuensi busway.
.
Pilihan konsumen, MRT adalah kompetitor
busway?
MRT hanya satu jalur, busway melayani jalur
yang sangat banyak.
Dengan busway kemana saja cukup rp3.500,-
dengan MRT satu jalur rp10.000,-
Jika busway rugi, biaya untuk menyediakan
sarana transportasi yang murah dan nyaman bagi warga Jakarta hanya sebesar
kerugian busway.
Pasti jauh dibawah angka rp572,- milyar.
.
Perbaiki fasilitas publik, bongkar jembatan
penyebrangan yang sangat tinggi dan sangat panjang, permudah akses masyarakat
ke busway.
Dengan tersedianya angkutan umum yang murah
dan menyenangkan sangat wajar jika dibuat regulasi untuk menekan pertumbuhan
dan penggunaan kendaraa pribadi.
.
Jika Bukan untuk kepentingan bangsa dan
negara seperti yang diperintahkan oleh UUD.
Siapa yang diuntungkan oleh proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI rp 16 trilyun?
.
Jika
hutang, tenaga kerja, semen, besi, kereta api dikerjakan perusahaan Nigeria, proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI rp 16 trilyun adalah untuk kepentingan Nigeria.
Jika
hutang, tenaga kerja, semen, besi, kereta api dikerjakan perusahaan Cina, proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI rp 16 trilyun adalah untuk kepentingan Cina.
.
Proyek – proyek seperti proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI rp 16 trilyun layak dianggap membahayakan masa depan
NKRI, menyebabkan menumpuknya hutang NKRI, tarif listrik naik, tidak ada uang
untuk menutupi kerugian BPJS, pajak baru untuk sandang pangan, tidak ada uang
untuk membiayai lockdown dsb.
.
Mentri
Keuangan yang menyetujui proyek – proyek infra struktur yang pembiayaannya
mengabaikan prinsip kehati – hatian dalam mengelola uang harus bertanggung
jawab.
Atau
NKRI akan dibawa berkali – kali terperosok di lobang yang sama?
Komentar