Langsung ke konten utama

 

INFRA STRUKTUR UGAL – UGALAN.

Untuk mencegah NKRI terjebak berkali – kali dalam lobang yang sama.

Kasus yang mungkin perlu menjadi perhatian dan perdebatan Civitas Academica.

.

NKRI adalah negara hukum.

NKRI bukan Negara Kerajaan Republik Indonesia.

UUD 1945 memerintahkan pemerintahan NKRI dibentuk untuk kepentingan bangsa Indonesia dan kepentingan NKRI.

.

Artinya regulasi, hutang, investasi, infra struktur, penggunaan uang negara harus berdasarkan kepentingan bangsa Indonesia dan kepentingan NKRI.

.

Amerika menggunakan istilah “kepentingan nasional” untuk kepentingan bangsa dan negara.

Perdebatan yang tidak pernah selesai antara partai Demokrat dan partai Republik adalah perdebatan tentang “kepentingan nasional”

Seorang politisi Amerika pasti akan dianggap sebagai penghianat bangsa jika berani berbicara untuk kepentingan tenaga kerja Cina di Amerika.

Amerika untuk Amerika.

Cina untuk Cina.

.

Kasus harus dilihat satu per satu.

Dalam ilmu manajemen tidak dikenal istilah “kasus ditutup”

Kasus yang baik dan yang buruk dijadikan bahan perdebatan untuk memperluas wawasan.

Bangsa Indonesia harus belajar dari kasus yang pernah terjadi.

.

Asumsi direktur keuangan MRT 1 April 2019.

Biaya investasi infra struktur untuk satu jalur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI  rp 16 trilyun.

Tarif rp 10.000,- target 65.000 penumpang/hari.

Kerugian rp 572 milyar per tahun dibebankan apbd DKI.

Tarif dibawah rp 10.000,- atau target tidak tercapai kerugian lebih besar.

Asumsi diatas menunjukkan bahwa keputusan membangun MRT dibuat dengan melanggar PRINSIP KEHATI – HATIAN DALAM MENGELOLA UANG NEGARA.

.

Jika kereta api MRT 100% buatan Indonesia,semen, besi, tenaga kerja dan perusahaan lokal.

Untuk akal sehat proyek MRT tetap tidak layak.

Proyek MRT jika dijual laku seharga besi tua.

SIAPAPUN TIDAK PERCAYA UANGNYA AMAN DAN PASTI MENOLAK UANGNYA DIPAKAI UNTUK PROYEK INFRA STRUKTUR SEPERTI INI.

.

Bandingkan dengan busway.

Jika harga satu unit bus untuk busway satu milyar rupiah, uang sebesar rp 572 milyar bisa membeli 572 unit busway yang bisa dipakai selama sekian tahun untuk menambah kapasitas dan frekuensi busway.

.

Pilihan konsumen, MRT adalah kompetitor busway?

MRT hanya satu jalur, busway melayani jalur yang sangat banyak.

Dengan busway kemana saja cukup rp3.500,- dengan MRT satu jalur rp10.000,-

Jika busway rugi, biaya untuk menyediakan sarana transportasi yang murah dan nyaman bagi warga Jakarta hanya sebesar kerugian busway.

Pasti jauh dibawah angka rp572,- milyar.

.

Perbaiki fasilitas publik, bongkar jembatan penyebrangan yang sangat tinggi dan sangat panjang, permudah akses masyarakat ke busway.

Dengan tersedianya angkutan umum yang murah dan menyenangkan sangat wajar jika dibuat regulasi untuk menekan pertumbuhan dan penggunaan kendaraa pribadi.

.

Jika Bukan untuk kepentingan bangsa dan negara seperti yang diperintahkan oleh UUD.

Siapa yang diuntungkan oleh proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI  rp 16 trilyun?

.

Jika hutang, tenaga kerja, semen, besi, kereta api dikerjakan perusahaan Nigeria, proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI  rp 16 trilyun adalah untuk kepentingan Nigeria.

Jika hutang, tenaga kerja, semen, besi, kereta api dikerjakan perusahaan Cina, proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI  rp 16 trilyun adalah untuk kepentingan Cina.

.

Proyek – proyek seperti proyek infra struktur MRT Lebak Bulus – Bundaran HI  rp 16 trilyun layak dianggap membahayakan masa depan NKRI, menyebabkan menumpuknya hutang NKRI, tarif listrik naik, tidak ada uang untuk menutupi kerugian BPJS, pajak baru untuk sandang pangan, tidak ada uang untuk membiayai lockdown dsb.

.

Mentri Keuangan yang menyetujui proyek – proyek infra struktur yang pembiayaannya mengabaikan prinsip kehati – hatian dalam mengelola uang harus bertanggung jawab.

Atau NKRI akan dibawa berkali – kali terperosok di lobang yang sama?

Komentar